Senin, 10 Mei 2010

INTERNET DAN PEMBUATAN BLOG

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Sedangkan Blogger (blogger.com) dimulai oleh sebuah perusahaan yang sangat kecil di San Fransisco yang bernama Pyra Labs pada bulan Agustus 1999. Kala itu tengah terjadi booming dot com, dan blogger berusaha bersaing dengan situs dot com. Pendirinya tiga sekawan, pada awal menciptakan blogger, hanya iseng-iseng saja dan mereka berpikir “ini sepertinya menarik”. Awalnya, mereka di kontrak oleh suatu perusahaan besar untuk melakukan suatu proyek web untuk perusahaan besar itu, dan tiga sekawan itu mendapat dana dari sana.

Blog adalah singkatan dari Weblog. Orang pertama yang memperkenalkan blog adalah Jorn Barger 1997 pada bulan Desember. Blog bisa dianggap sebagai laman web pribadi. Ia bisa dijadikan sebagai catatan harian pribadi, majalah pribadi, rumah pribadi, kedai pribadi dan buku pribadi. Kita bisa menuliskan apa saja di dalam blog tersebut.

Tahun 2002, mereka mulai mengalami kesenangan, mereka telah memiliki ratusan ribu users di tahun itu. Dan saat Google berniat membeli mereka, segalanya berubah. Akhirnya google membeli mereka (blogger) dan google menyukai blog. Ini sebuah timbal balik yang selaras. Kini blogger merupakan tim kecil di google, mempunyai misi untuk menolong orang memiliki suara mereka sendiri di web dan mengorganisasikan informasi dunia dari perspektif perorangan.



1. Manfaat internet dan blog
Manfaat Internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendorong majunya pendidikan di Indonesia khususnya.Teknologi internet hadir sebagai media / sarana yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara massal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Dengan adanya aplikasi teleconference, INTERNET juga dapat hadir secara real time audio visual seperti pada metode konvensional.
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu :
a. sebagai media interpersonal dan massa
b. bersifat interaktif
c. memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron
Teknologi INTERNET menunjang para pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Mereka tetap dapat berkomunikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list, dan chatting. Mailing list dapat dimanfaatkan sebagai media diskusi, dimana pakar / pengajar akan berdiskusi bersama anggota mailing list. Metode ini mampu menghilangkan jarak antara pakar / pengajar dengan pelajar. Suasana yang hangat dan nonformal pada mailing list ternyata menjadi cara pembelajaran yang efektif.



Beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan antara lain :
- arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat
- kemudahan mendapatkan resource yang lengkap
- aktifitas pembelajaran pelajar meningkat
- daya tampung meningkat
- adanya standardisasi pembelajaran
- meningkatkan learning outcomes baik kuantitas maupun kualitas
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa INTERNET bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat suplementer dan pelengkap. Metoda konvensional tetap diperlukan, hanya saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain. Media diskusi konvensional mengalami modifikasi menjadi diskusi melalui mailing list.
Sedangkan manfaat Blog menjadi sarana publikasi tulisan yang termudah sekaligus strategis. Kita sudah pada tahu, salah satu masalah utama yang dialami kebanyakan penulis terlebih lagi penulis pemula adalah soal wadah publikasi. Media massa umum seperti koran, tabloid, majalah, jurnal, sering kali terbatas ruangnya dan mematok standar kualitas tulisan tertentu. Setiap hari, ribuan tulisan masuk ke meja redaksi berbagai media massa, tapi hanya sedikit saja yang bisa dimuat.
Dan Blog bisa berfungsi sebagai media personal branding. Blog bisa menjadi ajang unjuk ide, pikiran, karya, tulisan, serta pencitraan. Lima tahun yang lalu mungkin Anda tidak mengenal siapa itu Enda Nasution, Priyadi, Fatih Syuhud, Jennie S. Bev, dan para blogger kenamaan saat ini. Kalaupun sudah mengenalnya, mungkin hanya sayup-sayup belaka. Tapi, berkat kiprah mereka di dunia maya melalui blog, mereka kini dikenal menjadi orang-orang beken di dunia blog Tanah Air. Itu artinya, mereka berhasil membangun merek diri melalui blog. Tinggal pemanfaatan ekuitas mereknya saja akan seperti apa nantinya.




BAB II
LANDASAN TEORI

1. Pengertian Internet dan Blog

Internet adalah sarana komunikasi, hiburan, bisnis yang tercepat dan tercanggih saat ini. Internet merupakan sarana komunikasi global yang berkembang sangat pesat saat ini.Pada dasarnya, internet adalah jaringan/network global dunia yang terdiri dari berjuta-juta jaringan komputer dunia yang saling berhubungan dan dapat melakukan komunikasi, pertukaran data secara langsung dan online.

Sumber informasi yang diminati dewasa ini adalah internet. Jaringan komputer dibelahan dunia ini mampu menyajikan informasi secara lengkap dan aktual, yang mencakup hampir seluruh aspek kehidupan. Penggunaan jasa layanan internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Manfaat internet sebagai salah satu solusi untuk mengefisienkan berbagai kepentingan telah dirasakan oleh banyak kalangan.Dilihat dari kondisi tersebut berkembang pula teknologi internet. Salah satunya adalah blog dimana dengan blog kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar. Dan dapat digunakan ajang untuk berbisnis
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah ini pertamakali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.Dengan kata lain, Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Adpula yang mendefinisikan blog sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri.Seiring dengan perkembangn weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog akan berkembang seiring dengan ide-ide dan kemauan para Blogger.




1.1 Sejarah Internet

Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol.

1.2 Sejarah Blog
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman "What’s New" pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.Bulan Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya "Justin’s Home Page" yang kemudian berubah menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.






















BAB III
APLIKASI
• Internet Pada Saat Ini
Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.
Beberapa layanan populer di internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.

• Budaya Internet
Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi.
Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim.Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat meningkat tajam.
• Tata Tertib Internet
Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket.Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).
• Isu Moral dan Undang - Undang
Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, dan pernyataan kebencian (hate speech), adalah biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh Ditjen Postel dan Deperindag. UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999.
Internet juga disalahkan oleh sebagian orang karena dianggap menjadi sebab kematian. Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas dengan semangat dari teman-teman chatting IRCnya. Shawn Woolley bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam bunuh, dan dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam internet.
• Akses Internet







Anak-anak sedang menggunakan komputer untuk internet
Negara dengan akses internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar - Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan di dukungnya internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang fair dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat "perangkap jebakan" agar supaya si pengguna internet bayar lebih mahal sampai ber juta-juta rupiah!!, lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet akses seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses internet adalah di kampus dan di kantor.
Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga bisa mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.


• Penggunaan Internet Di Tempat Umum
Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Beberapa tempat umum yang menyediakan layanan internet termasuk perpustakaan, dan internet cafe/warnet (juga disebut Cyber Cafe). Terdapat juga tempat awam yang menyediakan pusat akses internet, seperti Internet Kiosk, Public access Terminal, dan Telepon web.
Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses internet.

Cara Akses Ke Internet

1. Sambungan langsung ke Network
Kita dapat menggunakan sebuah komputer yang secara langsung mempunyai hubungan ke INTERNET. Sebagai contoh, kita mungkin menggunakan sebuah PC yang merupakan bagian dari sebuah jaringan komputer yang mempunyai hubungan ke INTERNET. Dalam kasus ini, sistem kita menjadi host INTERNET penuh, yaitu mempunyai alamat elektronik tersendiri.

2. Sambungan dengan menggunakan SLIP/PPP
Untuk menggunakan hubungan dial-up telepon, kita memerlukan sebuah alat untuk mengkonversi sinyal komputer (digital) menjadi sinyal telepon (analog), dan sebaliknya. Alat untuk mengkonversi sinyal digital ke sinyal analog disebut modulator. Sedang, alat untuk mengkonversikan sinyal analog ke sinyal digital disebut demodulator. Untuk mengakses ke INTERNET melalui hubungan telepon, kita memerlukan sebuah modem (modulator-demodulator). Selain itu diperlukan juga TCP/IP dan software SLIP atau PPP seperti Linux, Warp, dll.

3. Sambungan langsung ke On-line Service seperti BBS, Compuserve.
Untuk menjadi sebuah host INTERNET tanpa harus memiliki hubungan full-time ke INTERNET (yang umumnya sangat mahal), ada sebuah cara mensetup sebuah host INTERNET melalui hubungan telepon. Untuk melakukan hal tersebut, kita perlu mengadakan perjanjian dengan sebuah host INTERNET yang lain yang bertindak sebagai titik hubungan. Selanjutnya, diperlukan sejumlah program yang disebut sebagai PPP (Point to Point Protocol) dan SLIP (Serial Line Internet Protocol) dalam workstation. Setelah workstation menghubungi host INTERNET melalui jalur telepon, PPP menyediakan kemampuan TCP/IP untuk workstation tersebut.

• Peralatan Untuk Membangun Internet

1. harus ada Browser (Perangkat Lunak) Contoh Browser : Internet Explorer, Mozila Firefox
2. Modem (Perangkat Keras) singkatan dari Modulator demodulator
Modem adalah alat komunikasi dua arah.
Jenis-jenis Modem dibagi 3 yaitu :
- Modem Dial Up ada 2 macam yaitu Modem Internet dan Modem Exsternal.
- Modem Kabel
- Modem ADSL fungsinya untuk sinyal telepon sebagai suara dan data
3. Saluran Telepon
Perangkat Keras Pendukung Akses Internet
1. Switch / Hub
2. Repeater
3. Bridge (Penghubung)
4. Router

Jasa Akses Internet atau ISP (Internet Servis Propaider) Contohnya : Telkom, Indosat, Suasantara.com


• Perangkat Penghubung Internet :

1. Kabel UTP
2. Conector RJ45 diciptakan tahun 1945
3. Lan card
4. Wi-Fi

Pengertian Website atau Situs adalah halaman untuk menampilkan suatu informasi berupa gambar, suara yang saling berhubungan oleh link-link (Penghubung).


Unsur - Unsur Membangun Sebuah Website :

1. Skrip (Bahasa Program) : bahasa pemprograman untuk internet adalah HTML.
2. Mendesain Web utuk menentukan kualitas dan keindahan situs.
3. Domain Name yaitu alamat situs yang digunakan.
4. Hosting adalah ruangan hardisk tempat menyimpan berbagai data, file, gambar, video dll. Biasanya disewakan.
5. Di Publikasi


Nama – Nama Domain :

1. .com : layanan situs yang bersifat komersil
2. .eEdu : Layanan Pendidikan International.
3. .Gov : Layanan untuk pemerintahan.
4. .mil : Layanan kebutuhan angkatan bersenjata atau militer
5. .org : Layanan Kebutuhan Organisasi
6. .Net : Layanan Kebutuhan Jaringan Komputer
7. . Biz : Layanan kebutuhan dunia bisnis



Browser

Cara Kerja Browser :
1. Browser mengambil informasi melalui jaringan internet pada serverlife.
2. Server memberi respon dengan memberikan informasi yang diminta.
3. Browser menampilkan informasi menggunakan fasilitas yang berupa kode-kode HTML.

• Fasilitas - Fasilitas Dalam Internet
Aplikasi internet sangat berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi yang mendukungnya, antara lain seperti: e-mail, file transfer, Bulletin Board System, online banking, video broadcasting, radio broadcasting, internet telephony, dan World Wide Web (web).
e-mail
e-mail adalah aplikasi yang memungkinkan seseorang mengirimkan surat elektronik ke orang lain yang berada di lokasi yang berjauhan dengannya, dengan syarat keduanya memiliki koneksi ke internet. Diperkirakan lebih dari 100 juta orang telah memiliki alamat e-mail, dan setiap bulan lebih 1 terabyte (TB) telah melintasi jaringan internet. Agar seseorang bisa memiliki alamat surat internet (e-mail) maka dia harus mendaptarkan diri pada satu penyedia layanan, baik secara offline maupun secara online. Alamat surat elektronik biasanya dalam format: user@penyedia, misalnya: ali@yahoo.com, atau indra@indosat.net.id, dan sebagainya. Surat-surat yang dikirim ke seseorang akan ditampung pada suatu server (mail server) di komputer penyedia layanan, kemudian secara otomatis di-download ketika user membuka kotak suratnya (mailbox) pada saat koneksi ke internet.
File Transfer
File Transfer adalah aplikasi yang memungkinkan seseorang men-transfer file data-nya dari satu komputer ke komputer lain dalam jaringan internet. Misalnya mengambil file dari suatu lokasi (download) atau mengirim file kesuatu lokasi (upload). Suatu protokol internet yaitu FTP (file transfer protocol) melayani proses pemindahan ini. File-file besar biasanya dikompress dulu sebelum disediakan dalam suatu FTP server, dalam format zip, tar.gz, atau hqx.
Bulletin Board
Bulletin Board System (BBS) adalah layanan bulletin online yang dibagi menurut bidang ilmu pengetahuan, atau bidang-bidang minat lainnya. Network News dan Usenet News adalah dua contoh BBS yang menyajikan lebih dari 6000 bidang minat. Bidang ilmu pengetahuan atau bidang minat dibagi dalam beberapa kategori, antara lain sbb:
• com bidang Komputer, termasuk teknologi jaringan LAN
• biz bidang bisnis
• K12 bidang pendidikan dasar dan menengah
• rec bidang rekreasi
• sci bidang sains (biologi, kimia, fisika)
• soc bidang sosial
Online Banking
Beberapa bank kini menyajikan layanan online melalui internet, dimana nasabah dapat mendapatkan informasi tentang berbagai urusan perbankan, dan juga bisa untuk memeriksa rekening tanpa perlu ke bank. Masalah utama adalah masalah keamanan data, dimana rekening seseorang bisa dibobol, dsb.
Radio Broadcasting
Berbagai stasiun radio menyebarkan siaran-nya melalui internet sehingga pendengar tidak memerlukan antena khusus untuk menangkap siaran radio favorit-nya. Teknologi audio streaming digunakan untuk menyalurkan suara ke internet, walaupun reliabilitas-nya kurang, mengingat teknologi streaming adalah teknologi packet-switching, sehingga bisa terjadi penundaan waktu yang menyebabkan suara terputus-putus, bahkan beberapa paket suara mungkin hilang dalam media transmisi. Tetapi karena pada umumnya siaran radio internet ini gratis, maka para pendengar biasanya cukup maklum dengan kondisi siarannya.
Video Broadcasting
Seperti pada siaran radio, maka beberapa stasiun TV juga memiliki situs di internet untuk menyebarluaskan siaran-nya. Disamping itu, aplikasi seperti netmeeting, CU-SeeMe yang menyajikan video-conferencing melalui internet juga kini sudah bisa digunakan oleh banyak orang. Namun seperti pada Radio Broadcasting maka kualitas siaran TV juga tidak terlalu bagus.
Internet Telephony
Telepon internet dikenal juga sebagai IPhone, NetPhone, atau VOIP (Voice Over Internet Protocol), adalah usaha untuk melakukan koneksi telepon melalu internet. Keuntungan Voip adalah kemungkinan biaya murah untuk telepon jarak jauh (interlokal), bahkan bisa gratis bila dilakukan oleh dua orang yang terhubung ke internet, kemudian menggunakan microphone dan speaker yang ada pada komputernya untuk melakukan percakapan. Kelemahan-nya adalah kualitas suara yang mungkin buruk akibat rintangan dalam jaringan internet yang sibuk. Perusahan telepon seperti Telkom di Indonesia melarang voip untuk dijadikan bisnis per-orangan, karena bisnis komunikasi hanya bisa dilakukan oleh perusahaan komunikasi.
World Wide Web
World Wide Web (WWW), lebih populer dengan istilah Web, merupakan aplikasi internet yang paling digemari oleh pengguna internet. Web mula-mula diperkenal-kan oleh Tim-Berners-Lee pada tahun 1992 di CERN, laboratorium Fisika Partikel Eropa yang berlokasi di Jenewa, Swiss, dan setelah populer kemudian diambil alih pengembangannya oleh W3C (World Wide Web Consortium). Marc Andressen merancang sebuah perangkat lunak untuk menampilkan halaman Web yang diciptakan oleh Tim-Berners Lee, yang dinamakan sebagai web-browser.
Web menjadi populer karena kemampuannya menyajikan objek multimedia pada halaman tampilan-nya, sehingga bisa dijadikan sebagai sumber informasi yang memuat teks, gambar, suara, citra, dan video, yang diatur oleh program HTML (Hyper Text Markup Language). Hypertext dapat membentuk hyperlink yang memungkinkan seseorang berpindah dari satu tayangan Web ke tayangan Web lainnya. Setiap organisasi kini memiliki situs Web (Website), dengan alamat tertentu yang bisa diakses oleh sebuah browser (seperti Internet Explorer, NetScape, atau Opera). Format alamat situs Web biasanya ditulis sebagai : http://www.organisasi.tipe.negara, misalnya: situs pemda Makassar adalah http://www.makassar.go.id, atau situs koran Kompas adalah http://www.kompas.co.id.

Chatting
Chatting adalah aplikasi yang digemari banyak orang terutama anak muda, karena memberi layanan berkomunikasi antar teman melalui internet (Internet Relay Chatting / IRC). Komunikasi yang dilakukan pada umumnya komunikasi teks, dimana dua orang yang sedang chatting akan ber-balas-balasan kalimat pendek yang diketik pada layar monitor.
• Istilah internet
• attachment = lampiran
• bandwidth = lebar pita
• bookmarks = tandai
• broadband = pita lebar, jalur lebar
• browser = peramban, penjelajah
• bulletin board = papan buletin
• chat = obrol, obrolan, rumpi
• crash = bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah)
• collission = tabrakan data
• connection = sambungan
• copy = salin, kopi, ganda
• cut = potong
• cyberspace = dunia maya
• database = pangkalan data, basis data
• delete/del = hapus
• device = perangkat
• domain = ranah
• download = ambil data, unduh, muat turun
• edit = sunting, ubah
• e-mail = imel, ratel / surel / surat-e (surat elektronik), posel (pos elektronik), surat digital
• forward/fwd (e-mail) = terusan
• homepage = laman
• hosting = hosting
• interferensi = gangguan signal (berkaitan dengan signal wireless)
• install = instalasi pasang
• interface = antarmuka
• keyword = kata kunci
• lag = lambat
• link = taut, kait, pautan, pranala
• load = muat
• login / log in / log on / logon = log masuk, masuk log, lihat sign in
• logout / log out / log off / logoff = log keluar, keluar log, lihat sign out
• network = jaringan
• newsgroup = kelompok warta, kelompok diskusi
• mailing list = milis, senarai, forum ratel
• network = jaringan
• networking = jejaring
• off line = tidak terhubung, terputus, luring (luar jaringan)
• online / on line = terhubung, tersambung, daring (dalam jaringan)
• passphrase = frase sandi, kalimat sandi
• password = kata sandi
• paste = tempel, rekatkan
• preview = pratonton, pratilik, pratayang
• internet service provider = penyelenggara jasa internet
• save = simpan
• scan = pindai
• setting = pengaturan
• server = peladen
• share / sharing = berbagi
• sign in / signin / sign on = catat masuk, lihat login
• sign out / sign off = catat keluar, lihat logout
• surfing = berselancar, selancar maya
• update = pemutakhiran, pembaruan
• upload = unggah, muat naik
• user = pengguna
• username = nama pengguna== Istilah internet ==
• attachment = lampiran
• bandwidth = lebar pita
• broadband = pita lebar, jalur lebar
• browser = peramban, penjelajah
• bulletin board = papan buletin
• chat = obrol, obrolan, rumpi
• crash = bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah)
• collission = tabrakan data
• connection = sambungan
• copy = salin, kopi, ganda
• cut = potong
• cyberspace = dunia maya
• database = pangkalan data, basis data
• delete/del = hapus
• domain = ranah
• download = ambil data, unduh, muat turun
• edit = sunting, ubah
• e-mail = imel, ratel / surel / surat-e (surat elektronik), posel (pos elektronik), surat digital
• forward/fwd (e-mail) = terusan
• homepage = laman
• hosting = hosting
• interferensi = gangguan signal (berkaitan dengan signal wireless)
• install = pasang
• interface = antarmuka
• keyword = kata kunci
• lag = lambat
• link = taut, kait, pautan, pranala
• load = muat
• login / log in / log on / logon = log masuk, masuk log, lihat sign in
• logout / log out / log off / logoff = log keluar, keluar log, lihat sign out
• network = jaringan
• newsgroup = kelompok warta, kelompok diskusi
• mailing list = milis, senarai, forum ratel
• network = jaringan
• networking = jejaring
• off line = tidak terhubung, terputus, luring (luar jaringan)
• online / on line = terhubung, tersambung, daring (dalam jaringan)
• passphrase = frase sandi, kalimat sandi
• password = kata sandi
• paste = tempel, rekatkan
• preview = pratonton, pratilik, pratayang
• reply = balas
• internet service provider = penyelenggara jasa internet
• save = simpan
• scan = pindai
• send = kirim
• server = peladen
• share / sharing = berbagi
• sign in / signin / sign on = catat masuk, lihat login
• sign out / sign off = catat keluar, lihat logout
• surfing = berselancar, selancar maya
• update = pemutakhiran, pembaruan
• upload = unggah, muat naik
• username = nama pengguna
• virtual reality = realitas maya
• webpage = halaman web
• website = situs web
• wireless = nirkabel

• Istilah Lain
• japri (jalur pribadi) biasanya istilah ini muncul di forum umum seperti milis atau web forum, kata japri digunakan oleh seseorang yang menghendaki komunikasi dilaksakanan melalui jalur pribadi, biasanya mengacu pada media email.
• jalum atau jarum (jalur umum)
• jambat (jalur lambat)
• jamban (jalur lamban)
• jambat dapat dimengerti sebagai "tarik".
• Jenis - Jenis Blog
• Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
• Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
• Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
• Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
• Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
• Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
• Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
• Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
• Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
• Blog agama: Membahas tentang agama
• Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
• Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
• Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
• Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
• Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
• Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
















BAB IV
BLOGGING


Cara Pembuatan Blog

Sebelum membuat Blog, kita harus mempunyai alamat E-Mail terlebih dahulu. Tanpa E-Mail kita tidak akan bisa membuat Blog. Adapun langkah-langkah dalam membuat Blog adalah sebagai berikut:

a. Klik tanda anak panah yang bertuliskan “Create Your Blog Now”
b. Isikan Alamat Email dengan alamat Email anda
c. Isikan password pada form Masukkan Sebuah Password
d. Isikan kembali Password tadi pada Ketik Ulang Password
e. Isi Nama Tampilan dengan nama yang ingin ditampilkan
f. Tulis tulisan pada form word Verification.
g. Beri tanda centang pada kotak di pinggir tulisan Saya menerima persyaratan dan layanan.
h. Klik gambar anak panah yang tertulis “Lanjutkan”.












i. Tulis judul Blog yang diinginkan.
j. Tulis nama situs anda pada form Alamat Blog (URL)
k. Tulis tulisan verifikasi yang ditampilkan pada form form Verification
l. Klik lanjutkan untuk melanjutkan











m. Pilih Template yang diinginkan,
Template adalah desain-desain halaman web ataupun blog beserta seluruh komponennya (misal : gambar, stylesheet, dsb) baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web.
Langkah dalam memilih template yang baik

• Klik Template
• Klik “Pick New Template” pilih template yang diinginkan.
• Klik tulisan “Preview Template’ untuk melihat layout yang disediakan.
• Klik Save untuk menyimpan Template
• klik Continue untuk lanjut
n. Muncul tulisan “your blog has been created”.
o. Klik gambar panah “Start Posting” (tulis tulisan yang diinginkan)
p. Klik tombol “Publish” untuk selesai






Contoh gambar template ke Modifikasi Blog.



MEMODIFIKASI BLOG
1. Memposting Blog dan memberi text pada Blog kali ini akan di bahas tentang tata cara posting di blogger com dan bagaimana memberi text . Di dalam menu posting ada beberapa toolbar yang bisa anda gunakan. Toolbar yang ada ketika posting :
Cara penggunaan toolbar di atas adalah blok terlebih dahulu tulisan yang akan di edit, kemudian tekan tombol toolbar yang di inginkan.










Agar blog dapat diisi text yang diinginkan lakukan langkah berikut:
1.Masuk menu Posting
2.Klik menu buat (untuk membuat awal text)
(Maka akan muncul toolbar seperti gambar diatas)
3.Ketik judul Blog yang nanti akan ditampilkan
4.Tulis puisi atau apasaja sesuai keinginan pada text area yang diinginkan
5.Untuk mengatur text contoh perataan atau memberi warna huruf gunakan toolbar yang tersedia
6.Publikasikan (otomatis text tersebut akan tampil pada blog yang dibuat dan sudah tersimpan




1.Memberi Gambar

Untuk memberi gambar pada blog bisa melakukan langkah berikut
a.Klik Icon Gambar (image)
b.Pilih jenis letak gambar











c.Klik Browser untuk mengambil gambar pada file
d.Beri tanda cek pada konfirmasi persyaratan
e.Publikasikan (simpan pengaturan)









f.Tunggu Proses sampai muncul selesai
g.Klik selesai untuk lanjut (gambar akan munul pada area) Publikasikan


2.Memberi Bingkai Pada Gambar
Dalam sebuah gambar bisa di eri bingkai agar gambar ynag dibuat kelihatan lebih rapi,untuk membuat sebuah bingkai kita harus sudah mempunyai sebuah alamat gambar.Karena kita sudah mempunyai sebuah gambar kita tinggal mengcopy paste kode dari gambar yang kita buat.
Lakukan langkah berikut:
1.Masuk pada menu posting
2.Klik edit posting
3.masuk pada blog yang pernal ada gambarnya
4.klik edit HTMl
5.Untuk dapat membuat Bingkai pada foto yang ada kita harus menyisipkan beberapa atribut kedalam kode gambar tersebut.abeberapa atribut yang dipakai dalam pembutan bingkaiantara lain:
Padding : adalah jarak atau ruang kosong yang dibuatagarterpisah dengan border atau bingkai.
Border :adalah besarnya bingkai yang akan dibuat,
#BEBBB: adalah kode warna yang mau di tampilkan untuk pembuatan bingkai kita pakai tag

3.Mengedit Postingan
Jika blog yang dibuat ingin edit maka lakukan langkah berikut;
a.Masuk pada menu Posting
b.Klik sub menu Edit Posting
c.Blik blog yang ingin di edit
d.Beri tanda pada option button pada blog yang ingin diedit
e.Klik edit (maka blogyang akan diedit akan muncul)
f.Silahkan edit text atau gambar yang sudah dibuat pada Blog
g.Setelah selesai klik publikasikan (blog anda otomatis disimpan dan akan dipublikasikan)

4.Menampilkan Uraian Pada Blog
Jika ingin memberikan Uraian pada judul Blog kita lakukan langkah berikut ini:
a.Klik menu pengaturan
b.Kemudian klik sub menu dasar
c.Tulis judul Blog pada menu judul
d.Tulis Uraina yang diinginkan pada form uraian
e.Jawab ya untuk ‘Tambahkan blog anda ke daftar milik kami”
f.Jawab ya untuk “Tampilkan editing cepat dari Blog anda’
g.Simpan pengaturan



5.Mempublikasikan Pengaturan
Jika kitainginmemplubikasikan Uraian dalan judulBlog yang dibuat caranya sebagai berikut:
a.Klik menu pengaturan
b.Klik sub menu publikasikan
c.Tulis alamat Blog ke dalam “Alamat Blog Spot”
d.Kirim Pings jawab “ya’
e.Simpan pengaturan

6.Menformat Komentar Blog
Jika kita ingin menformat Tampilan Blog adalah sebagai berikut:
a.Klik menu pada Pengaturan
b.Klik sub menu format pada menu pengaturan
c.Tulis berapa postingan yang akan diperlihatkan di halaman utama form “perlihatkan”
d.Format tanggal Header “tulis format tanggal;
e.Format tanggal Index arsip “Ketik arsip bulan berapa’
f.Format timestamps (03:17)
g.Zona waktu (pilih zona waktu yang diinginkan)
h.Bahasa (pilih bahasa yang diinginkan
i.Konversi ganti baris pilih ya

7.Pengaturan Komentar
Jika ingin memformat komentar lakukan langkah berikut;
a.Klik menu pengaturan
b.Kkik menu sub komentar pada menu pengaturan
c.Pada form komentar pilih option perlihatkan (untuk memperlihatkan komentar pada blog)
d.Pada form siapa saja yang bisa berkomentor (pilih siapa saja)
e.Default komentar untuk posting (ketik Posting baru tidak memiliki komentar)
f.Link balik pilih sembunyikan
g.Frekuensi arsip pilih halaman
h.Aktifkan halaman posting pilih ya
i.Simpan pengaturan untuk lanjut

8. Menambah Halaman
1. Memasukkan gambar ke dalam elemen template, ikuti langkah berikut:Sig in ke blogger anda
Klik menu template
Klik sub menu Template










Pilih dan klik bagian mana yang akan diedit atau di tambah elemen halaman
Maka akan muncul gambar seperti dibawah


Pilih salah satu diantara pilihan yang tersedia (jika ingin menginginkan teks pilih teks pada pilihan)
Tulis judul teks pada form judul
Tulis konteks yang diinginkan pada form konteks
Publikasikan (simpan pengaturan)
Alamat blogging : irkasmart.blogsport.com
BAB V
DISKUSI


1. Pengertian Internet dan Blog

Internet adalah sarana komunikasi, hiburan, bisnis yang tercepat dan tercanggih saat ini. Internet merupakan sarana komunikasi global yang berkembang sangat pesat saat ini.Pada dasarnya, internet adalah jaringan/network global dunia yang terdiri dari berjuta-juta jaringan komputer dunia yang saling berhubungan dan dapat melakukan komunikasi, pertukaran data secara langsung dan online.

Sumber informasi yang diminati dewasa ini adalah internet. Jaringan komputer dibelahan dunia ini mampu menyajikan informasi secara lengkap dan aktual, yang mencakup hampir seluruh aspek kehidupan. Penggunaan jasa layanan internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Manfaat internet sebagai salah satu solusi untuk mengefisienkan berbagai kepentingan telah dirasakan oleh banyak kalangan.Dilihat dari kondisi tersebut berkembang pula teknologi internet. Salah satunya adalah blog dimana dengan blog kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar. Dan dapat digunakan ajang untuk berbisnis
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah ini pertamakali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.Dengan kata lain, Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Adpula yang mendefinisikan blog sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri.Seiring dengan perkembangn weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog akan berkembang seiring dengan ide-ide dan kemauan para Blogger.



1.1 Sejarah Internet

Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol.

1.2 Sejarah Blog
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman "What’s New" pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.Bulan Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya "Justin’s Home Page" yang kemudian berubah menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.
2. Manfaat internet dan blog
Manfaat Internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendorong majunya pendidikan di Indonesia khususnya.Teknologi internet hadir sebagai media / sarana yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara massal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Dengan adanya aplikasi teleconference, INTERNET juga dapat hadir secara real time audio visual seperti pada metode konvensional.
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu :
a. sebagai media interpersonal dan massa
b. bersifat interaktif
c. memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron
Teknologi INTERNET menunjang para pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Mereka tetap dapat berkomunikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list, dan chatting. Mailing list dapat dimanfaatkan sebagai media diskusi, dimana pakar / pengajar akan berdiskusi bersama anggota mailing list. Metode ini mampu menghilangkan jarak antara pakar / pengajar dengan pelajar. Suasana yang hangat dan nonformal pada mailing list ternyata menjadi cara pembelajaran yang efektif.
• Budaya Internet
Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi.
Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim.Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat meningkat tajam.
















BAB VI
KESIMPULAN

 Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP.
 Fungsi Internet yaitu merupakan media komunikasi dan informasi modern
 Blog bisa berfungsi sebagai media personal branding dan Blog juga bisa menjadi ajang unjuk ide, pikiran, karya, tulisan, serta pencitraan.
 Manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet, yaitu dapat mengetahui : 1. Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. 2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.










BAB VII
DAFTAR PUSTAKA

http://teknik-informatika.com/aplikasi-internet
http://www.libiru.com/internet/214-manfaat-internet
http://www.squidoo.com/cara-membuat-blog
http://yudipurnawan.wordpress.com/2007/11/17/manfaat-internet-sebagai-media-pendidikan/
www.ilmucomputer.com
http://teknik-informatika.com/aplikasi-internet
http://www.libiru.com/internet/214-manfaat-internet
Majalah Info Komputer, Edisi Khusus masalah Internet tahun 1996
Kuliah Umum Internet di Tricom tanggal 24 Nopember 1996
Suplemen Harian Media Indonesia mengenai Internet
Suplemen Harian Republika mengenai Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar